Topi Produk Pengrajin Rotan Kalteng Menarik Perhatian Presiden Jokowi yang Kemudian Mengenakannya . - USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KALIMANTAN TENGAH

Kontribusi dari WF (developer), 12 Juli 2019 11:07, Dibaca 181 kali.


Hasil karya UMKM unggulan binaan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, turut serta dalam ajang pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 dengan tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital" yang digelar 12-14 Juli 2019 di Jakarta Convention Center.

Dalam kegiatan tersebut Presiden Joko Widodo, bersama Ibu Negara Iriana, dan pejabat pusat, turut serta melihat dan berkunjung secara langsung ke stand pameran produk unggulan UMKM dari seluruh Indonesia. Presiden menyempatkan berkunjung ke Stand UMKM binaan KPW Bank Indonesia (BI) Kalteng.

(Baca Juga : Bisnis Waralaba Dianggap Menjadi Sektor Usaha yang Dapat Mengembangkan UMKM)

 

Kegiatan ini dilakukan untuk mendiseminasikan kebijakan dan peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM Unggulan, dan sebagai ajang memperkenalkan serta mempromosikan produk UMKM Unggulan Bank Indonesia. KKI 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke empat kali, yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan fashion, kerajinan, makanan dan minuman olahan termasuk kopi.

Produk kreatif yang ditampilkan memiliki nilai otentik dan original, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah, memiliki nilai ekonomis tinggi, dan berkualitas ekspor. Jumlah UMKM yang berpartisipasi pada KKI 2019 tersebut sebanyak 370 UMKM, terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 83 kerajinan, dan 167 makanan dan minuman olahan termasuk kopi, dari seluruh nusantara.

Keindahan kain dari berbagai penjuru nusantara menjadi modal sekaligus memiliki nilai jual bagi UMKM di bidang fashion. Apalagi jika memanfaatkan platform digital yang memberikan akses pemasaran yang menjangkau seluruh dunia secara online. Salah satu langkah yang diinisiasi Bank Indonesia sebagai penyelenggara dari segi pemasaran adalah menghubungkan UMKM dengan beberapa pihak.

Kepala Perwakilan BI Kalteng, Wuryanto dalam kegiatan tersebut memperkenalkan kain kaos buatan UMKM Kalteng dengan lukisan khas campuran warna tanpa kanvas, serta produk unggulan lainnya kepada Presiden dan Ibu Negara yang menyempatkan meninjau stand pameran UMKM Kalteng tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, BI Kalteng mengikutsertakan empat UMKM , diantaranya pengrajin rotan dari Kelurahan Uwei Pambelom, Kabupaten Pulangpisau, Batik Benang Bintik, Kerajinan Batu Queen Borneo dan Kaos Etnik Arut Selaman Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Silakan Pak Presiden ini adalah hasil UMKM Kalteng pakai teknik cabut warna, tidak pakai kanvas, hasil UMKM Pangkalanbun, baru saja dibuat oleh pengrajinnya," ujar Wuryanto saat menjelaskan kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang berkunjung ke Stand Kalteng tentang lukisan berbagai corak warna pada kaos dalam kegiatan tersebut.

Presiden pun tampak senang dengan penjelasan Kepala BI Kalteng tersebut, demikian juga saat menjelaskan tentang kerajinan tas terbuat dari rotan produk Kalteng, sehingga presiden pun memakai topi terbuat dari bahan rotan bikinan UMKM Kalteng yang juga disukai oleh Ibu Negara dan rombongan pejabat dan istri yang datang ke stand Kalteng tersebut.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Topi Produk Pengrajin Rotan Kalteng Menarik Perhatian Presiden Jokowi yang Kemudian Mengenakannya, https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/07/16/topi-produk-pengrajin-rotan-kalteng-menarik-perhatian-presiden-jokowi-yang-kemudian-mengenakannya.
Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti


Berita Lainnya

Berita Utama · 22 Oktober 2017

Berita Utama · 12 Juli 2019

Berita Utama · 17 November 2019

Berita Utama · 20 Juli 2018

Berita Utama · 08 Maret 2019

Berita Utama · 02 November 2017

Event UMKM


Berita UMKM