UMKM Kalteng Diundang Perusahaan Swiss Paparkan Produk Singkah Uie - USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KALIMANTAN TENGAH

Kontribusi dari WF (developer), 31 Agustus 2019 15:22, Dibaca 170 kali.


PALANGKA RAYA - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalteng Ifadah Awaliyah, berhasil mencuri perhatian PT Wynettes Walden International yang Berpusat di Swiss. Itu karena produk UMKM yang diolahnya menarik dan bertemakan kearifan lokal Dayak Kalimantan Tengah.

Produk Ifadah yang menarik perhatian tersebut ialah Keripik Singkah Uei atau keripik umbut rotan. Ifadah pun diundang untuk mengikuti pertemuan bisnis PT Wynettes Walden International di Jakarta.

(Baca Juga : Bisnis Waralaba Dianggap Menjadi Sektor Usaha yang Dapat Mengembangkan UMKM)

"Ifafah Alawiyah merupakan pendiri dan juga Sekretaris Jaringan Penggerak dan Informasi Terpadu Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (Japrindu IUMKM) Kalteng. Dan beliau mendapat kesempatan diundang oleh PT Wynettes Walden International dalam pertemuan bisnis terkait produk Kripik Singkah Uei," kata Ketua Japrindu IUMKM Kalteng Adhirawan.

Dia mengatakan, Ifadah merupakan satu-satunya pelaku UMKM Kalteng yang mendapat perhatian serius perusahaan internasional terkait produk UMKM. "Ini menjadi langkah awal bagi pelaku UMKM Kalteng untuk Go Internasional. Dan kami berharap bisa terjalin kerjasama yang baik antara PT Wynettes Walden International dengan UMKM Kalteng dalam pengembangan produk," ucapnya.

Sementara itu, Ifadah mengatakan, dengan adanya undangan dari perusahaan internasional yang bergerak dibidang supermarket di Swiss tersebut, UMKM yang dikelolanya dapat dikenal masyarakat internasional. Itu sesuai dengan keinginan dan cita-cita Ifadah salam mengembsngkan produk UMKM khas Kalteng.

"Ini kesempatan bagi saya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas,  dan melengkapi persyaratan untuk ekspor. Melalui undangan ini tentu peluang kami untuk eskpor terbuka," kata Ifadah.

Ifadah juga akan mendapat kesempatan untuk memaparkan beberapa produk olahan yang telah digelutinya, khususnya produk khas Kalteng. Adapun beberapa produk olahan Ifadah yang diberi nama Bu Ifa tersebut, yakni Keripik Rotan Muda, Abon Rotan Muda, Stick Rotan Muda, Rattan Cookies, Rattan Chocholate, Kripik Kalakai, Kripik Ujang, Kripik Singkah Sawit, Kripik Ikan Lais, Kripik Ikan Seluang, Keripik Ikan Baung, dan beberapa produk lainnya.

"Pihak perusahaan meminta kami membawa sample produk yang akan dipresentasikan pada acara tersebut. Produk yang utama nanti kripik singkah uei atau kripik umbut rotan dan beberapa produk lainnya," ungkapnya.

Ifadah juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sugianto Sabran dan Wagub Habib Ismail yang telah membetilan dukungan lepada pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. "Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Sugianto Sabran dan Wagub Habib Ismail. Sebab, pemprov sangat support untuk pengembangan UMKM di Kalteng," pungkasnya. (arj)


Berita Lainnya

Berita Utama · 22 Oktober 2017

Berita Utama · 20 Juli 2018

Berita Utama · 17 November 2019

Berita Utama · 29 Oktober 2017

Berita Utama · 16 Agustus 2018

Berita Utama · 06 Juni 2018

Event UMKM


Berita UMKM